Rangkaian HKN ke-59 di Kabupaten Blora

Dari bagi-bagi hadiah hingga 6 pilar

Foto: Gatot Aribowo

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati memberikan sambutan dalam acara jalan sehat HKN ke-59. Dalam sambutannya, Mbak Etik, sapaan Wakil Bupati Blora mengingatkan tentang 6 pilar kesehatan.

Minggu, 19 November 2023 20:21 WIB

BLORA (wartablora.com)—Hari Kesehatan Nasinonal (HKN) ke-59 jatuh pada Minggu, 12 November 2023. Puncak rangkaian memperingati hari kesehatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Blora menggelar jalan sehat pada Minggu, 19 November 2023. Dalam gelar acara jalan sehat ini, peserta mendapat kupon undian berhadiah. Dari hadiah utama berupa satu ekor sapi, hingga hadiah barang-barang elektronik. Ribuan peserta ikut dalam jalan sehat yang tidak dipungut biaya ini, alias gratis.

Start dan finish jalan sehat di Alun-alun Blora. Peserta jalan sehat dilepas Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, didampingi Ainia Sholichah. istri Arief Rohman, Bupati Blora. Jalan sehat ini digelar di sepanjang Jln. Pemuda Blora. Ribuan orang menyemut di sepanjang jalan tersebut.

"Hadiah yang kita sediakan mulai dari hadiah utama seekor sapi, kambing, sepeda gunung, kulkas, mesin cuci, televisi dan sejumlah hadiah menarik lainnya," ujar Edy Widayat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blora.

Alisha Pramudyawardani, seorang bocah 8 tahun yang tinggal di Dukuh Nglawiyan RT. 05/RW. 03 Kelurahan Karangjati, Kecamatan Blora Kota, beruntung mendapat hadiah utama seekor sapi setelah kupon berhadiah diundi.

"Dari ribuan peserta jalan sehat dalam rangka memperingati HKN tingkat Blora itu, adik Alisha yang beruntung, yakni berhasil memperoleh hadiah utama berupa seekor sapi," kata Edy Widayat.

Rangkaian acara HKN ke-59 tingkat Kabupaten Blora yang digelar di Alun-Alun Kota Blora ini diramaikan dengan penyuluhan gigi anak sekolah, donor darah, stand bazar pelayanan kesehatan dan flashmob minum, dan sejumlah kegiatan lainnya.

"Kebetulan rangkaian HKN ini yang kita gelar acara jalan sehat berbarengan dengan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Blora ke-274, juga Hari Ibu ke-95, serta HUT Dharma Wanita Persatuan ke-24." imbuhnya.

Sebelumnya, berbagai kegiatan telah digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dalam memeriahkan HKN tahun ini.

"Kami mengadakan bakti Sosial bantuan air bersih, pengobatan gratis, deteksi dini faktor risiko PTM, CTPS di Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken. Sementara untuk upacara peringatan HKN yang dipimpin Bupati Blora telah dilaksanakan di halaman Setda Kabupaten Blora tanggal 13 November 2023 lalu," tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati saat memberikan sambutan dalam acara jalan sehat tersebut menegaskan bahwa enam pilar transformasi kesehatan harus ditegakkan bersama.

"Baik oleh pemerintah pusat, daerah, dan seluruh elemen masyarakat sebagai langkah meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Kabupaten Blora," ujarnya.

Enam pilar tersebut adalah transformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, dan teknologi kesehatan.