Sah, 177 Bidan Desa di Blora Diangkat

Foto: Istimewa

Penyerahan SK pengangkatan CPNS kepada 177 bidan desa Kabupaten Blora di Gedung Inspektorat Kabupaten Bora, Rabu (24/5/2017).

Rabu, 24 Mei 2017 17:32 WIB

BLORA (wartablora.com)—Sejumlah 177 bidan desa yang menyandang status Pegawai Tidak Tetap diangkat jadi CPNS setelah menerima SK pengangkatan. SK pengangkatan ini diserahterimakan Sekretaris Daerah Kabupaten Blora Bondan Sukarno kepada 177 bidan desa di Gedung Inspektorat Kabupaten Bora, Rabu (24/5/2017).

Penyerahan SK ini disaksikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Blora Suwignyo, Kepala Inspektorat Kabupaten Blora Bambang Darmanto, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora Komang Gede Irawadi, serta Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P3) di Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, Edi Sucipto.

Kepala BKD Blora Suwignyo menyebutkan, 177 bidan desa yang diangkat ini telah melalui tahapan seleksi. Bidan-bidan PTT ini ada di bawah Kementerian Kesehatan.

"Ada 186 bidan PTT yang mengikuti seleksi, yang lulus hanya 177 bidan. Sembilan bidan lainnya tidak lulus karena faktor usia yang sudah melebihi 35 tahun saat melakukan pendaftaran,” kata Suwignyo.

Bidan desa yang menerima SK CPNS ini nantinya akan ditempatkan sesuai database awal yang ada di Kemenpan RB.

“Memang sebelumnya sempat ada wacana dari Dinas Kesehatan untuk menata ulang penempatan bidan tersebut karena masih ada bides yang ditempatkan di kelurahan. Namun ternyata ada aturan dari pusat yangg mengharuskan penempatan sesuai database Kemenpan RB. Sehingga hal itu urung dilakukan,” lanjut Suwignyo.

Ia menyatakan bahwa saat ini jumlah PNS di Kabupaten Blora sebanyak 8320 orang. Dengan adanya penyerahan SK CPNS kali ini maka akan bertambah 177 orang dari bides.

“Blora memang kekurangan PNS di bidang kesehatan, khususnya paramedis yang mengangani persalinan dan ibu hamil. Semoga dengan adanya penyerahan SK CPNS ini bisa meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan kesehatan di Blora,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Bondan Sukarno memberikan ucapan selamat kepada 177 bidan desa tersebut.

“Selamat kepada para bidan desa. Ini sebagai wujud peningkatan pelayanan kesehatan dengan cara menambah CPNS di bidang kesehatan yakni bidan desa. Jadikan diri anda sebagai panutan yang baik di tengah pelayanan masyarakat. Jadilah bides yang inovatif dan kreatif. Karena penilaian pekerjaan itu tidak hanya dilakukan oleh pimpinan dan masyarakat saja, tetapi pertanggungjawaban kepada Tuhan YME itu yang utama. Jangan lupa selalu berdoa dalam memulai pelayanan kepada masyarakat. Layani pasien dengan hati tulus ikhlas,” ucap Bondan Sukarno. (*)